NewsSlide

Saturday, January 7, 2012

Mencari Uang dari Internet

Mencari uang dari Internet ? Mungkinkah ? Anda yang baru mengenal Internet atau menggunakan internet hanya sebagai sumber mencari informasi mungkin bertanya-tanya soal ini, benarkah internet bisa dijadikan sumber penghasilan ? Dan bagaimana caranya ? Apakah hanya omong kosong belaka ? dan pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin terbersit di benak anda. Jangan heran dan bingung, memang benar kok internet bisa dijadikan sebagai lahan untuk menghasilkan pemasukan untuk anda namun diperlukan ketekunan dan kerja keras untuk mendapatkan nya, tak ubah nya seperti didunia nyata kita harus bekerja apabila kita ingin mendapatkan penghasilan. Berikut ini beberapa sumber yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet.



1. Blog
    Ya , Blog bisa anda gunakan sebagai media anda untuk mencari pengahsilan di internet. Bagi anda yang suka menulis dan berbagi info seperti blog saya ini, bisa anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan anda. Menurut  Wikipedia dan beberapa sumber mendefenisikan blog sebagai web blog yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Ada 2 jenis platform blog online yang paling dikenal saat ini yaitu Blogger dan Wordpress, dimana masing-masing mempunyai keunggulan dan kenyamanan bagi penggunanya. dan blog juga memiliki keuntungan dari penggunaannya yaitu : :
  1. Melalui blog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. blog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.                                                    

Demikian sekilas mengenai pengertian blog, anda bisa mensearch nya di Google untuk informasi selengkapnya. karena saya tidak akan membahasnya terlalu lebar dari topik yang kita bicarakan.

2. Google Adsense
    Apa itu google adsense ? AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut. Google mengerti tentang faktor kali yang dapat melesatkan bisnisnya tersebar ke seluruh dunia menggunakan website orang lain, tenaga dan waktu orang lain, Google kemudian tidak mau lagi bekerja sendirian. Google ingin, walaupun seseorang tidak mengunjungi website Google.com sekalipun orang tetap dapat menerima informasi yang berasal dari website mereka. Akhirnya Google membuat suatu jaringan iklan ke seluruh dunia menggunakan jutaan website orang lain untuk menayangkan atau menampilkan informasi iklan bisnis pelanggan Google (pelanggan yang membayar).
Dari pelanggan yang membayar inilah salah satunya Google dapat uang, pelanggan yang membayar ini disebut sebagai ADVERTISER, pelanggan ini memasukkan iklan mereka ke google melalui program yang disebut Google Adwords.
Sedangkan orang yang yang menyediakan sebagian space di websitenya untuk menampilkan iklan pelanggan google yang membayar tadi, disebut penayang atau PUBLISHER. Publisher ini tentu saja mendapatkan bayaran dari Google, karena publisher membantu Google menayangkan iklan mereka tadi. Anda punya gambaran sekarang ? Ya, program Google yang memungkinkan kita yang punya website untuk bekerjasama dengan Google menayangkan iklan mereka inilah yang kemudian disebut Google Adsense yang sekarang sangat terkenal.

3. Affliate Marketing
     affiliate marketing adalah memasarkan produk orang lain dan kita mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian. Gampangnya affiliate marketing adalah makelar online. Contohnya gini, misalnya saya memasarkan produk formula bisnis. Saya akan mendapatkan komisi 60% dari harga produk tiap saya berhasil menghasilkan satu penjualan melalui link afiliasi saya.

Link afiliasi atau affiliate link adalah link milik anda yang diberikan oleh pemilik produk kepada anda yang digunakan agar orang lain membeli produk dari rekomendasi anda sehingga anda mendapat komisi.

Contohnya seperti ini:
www.namaproduk.com/?id=ID_ANDA

ID_ANDA itulah yang menandakan bahwa orang lain membeli dari rekomendasi anda.
Ada beberapa jenis dari affiliate marketing, antara lain:

Pay Per Sale: anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang anda hasilkan.
Pay Per Lead: anda akan mendapatkan komisi dari setiap lead/prospek yang anda datangkan.
Dan masih ada beberapa jenis program affiliate yang lain.

Sebagai pemula di bisnis internet marketing ini, saya menyarankan kepada anda untuk memulai bisnis internet dari affiliate marketing terlebih dahulu. Karena anda tidak akan dipusingkan untuk membuat produk terlebih dahulu. Tugas anda hanyalah memasarkan dan mempromosikan produk melalui link afiliasi anda saja.



4. Paid to Review ( PTR )
  
Paid review adalah bisnis jasa untuk membuat review sebuah produk dan hasilnya diposting pada blog pereview atau blog penyedia jasa review. Jadi dapat dimaknai sebuah pekerjaan yang akan dibayar oleh pihak penyedia jasa apabila  selesai membuat review suatu produk tersebut. Kualitas dari pekerjaan ini disupervisi oleh penyedia jasa yeng bersangkutan.
Pihak-pihak yang terkait dengan Paid Review setidaknya ada 3 pihak yaitu: pertama Advertiser (merupakan pihak penguna jasa karena produknya minta direview), kedua Blogger (pihak yang mereview produk dari Advertiser), ketiga adalah Broker/vendor (pihak yang menjembtanai/penyedia jasa antara Advertiser dengan Blogger, umumnya mereka mengambil rate fee ternetu).
Paid review yang ramai dilakukan oleh para blogger sekarang ini terbagi menjadi dua katagori yaitu: Menulis Review tanpa punya blog atau langsung menulis pada blog penyedia dan menulis Review Dengan blog milik anda sendiri. Cukup banyak pilihan vendor untuk masing-masing jenis bisnis ini.

Demikian beberapa cara atau sumber yang bisa anda manfaatkan untuk mencari penghasilan dari internet, tertarik untuk mencoba ?



Artikel Terkait:

0 comments:

detiknews - detiknews

Voice of America

KapanLagi.com

Info Ekonomi

Template by : kendhin x-template.blogspot.com