NewsSlide

Wednesday, January 4, 2012

Melakukan pola diet sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan

Diet sehat dengan buah
Dizaman yang serba instan ini, sebagian besar orang menginginkan sesuatu dengan cepat dan praktis. tidak terkecuali dengan pola makan yang cepat tersaji yang tanpa kita sadari mempengaruhi tingkat kualitas kesehatan kita. Pengaruh gaya hidup dan pola konsumsi makanan yang tidak terjaga dan teratur, mempengaruhi tingkat kualitas kesehatan sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, jantung koroner, kanker, hipertensi, stroke, dan sebagainya. Namun kini sebagian besar orang mulai menyadari arti pentingnya hidup sehat untuk mendapatkan tingkat kualitas hidup yang baik, terutama dari segi kesehatan dengan melakukan olah raga secara teratur dan mengatur pola makan yang baik dan tepat gizi. dan sebagian lainnya melakukan program diet untuk menjaga kesehatan tubuh dan penampilan, terutama bagi kaum hawa. Tapi terkadang, demi mendapatkan tubuh langsing pola diet yang dilakukan tidak tidak tepat. Umumnya ada lima kesalahan yang biasa dilakukan saat melakukan program diet, antara lain :




1. Menjarangkan makan pagi.
Hal ini dilakukan hanya karena ingin menjaga bentuk langsing tubuh dengan tidak mengkonsumsi sarapan pagi. sebenarnya memilih makanan yang tepat dipagi hari sangat penting bagi tubuh untuk menyuplai energi yang diperlukan untuk menghadapi rutinitas pagi agar terhindar dari mengkonsumsi makanan ringan bergula atau berlemak ketika merasa lapar.

2. Makanan bebas lemak berlebihan.
Sebenarnya makanan bebas lemak tidak berarti makanan itu mengandung kalori rendah. karena rata-rata kebutuhan kalori yang dibutuhkan orang dewasa itu berkisar antara 2000 - 2200 per harinya. yang terpenting adalah sesuai kebutuhan gizi per harinya.

3. Konsumsi salad
Salad mengandung kalori yang tinggi seperti halnya hamburger apalagi bila sayuran itu ditutupi dengan keju, roti kering, dan kuah berlemak tinggi.

4. Memilih jus dibanding apel atau jeruk
Mengkonsumsi jus itu memang baik terutama bagi pencernaan, tetapi mengkonsumsi buah-buahan segar jauh lebih baik karena banyak ditemukan fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet.

5. Mengetatkan konsumsi kalori
Rata-rata tubuh membutuhkan membutuhkan 1200 sampai 1500 kalori setiap hari untuk bisa berfungsi. Jika dilakukan pengetatan kalori, akan memperlambat metabolisme tubuh yang berakibat menimbulkan masalah kesehatan seperti anemia.

Mengkonsumsi Buah-buahan.

Salah satu program diet yang disarankan dan aman adalah dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. karena pada sayur dan buah-buahan segar terdapat fiber atau serat sebagai komponen makanan yang penting untuk diet. konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah tinggi dapat menghindarkan dari penyakit jantung dan kanker. Berikut beberapa jenis buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kandungan gizinya :

Apel


Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Buah apel biasanya merah di luar saat masak (siap dimakan), namun bisa juga hijau atau kuning. Kulit buahnya sangan lembek. Dagingnya keras. Ada banyak bibit di dalamnya, which. Orang mulai pertama kali menumbuhkan apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar). Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk membuat saus apel.

Stroberi

Stroberi adalah buah merah yang cantik dan menggoda. Rasanya yang manis dan sedikit masam membuat banyak digemari. Buah berbintik hitam ini baik bagi kesehatan, dapat mencegah penyakit jantung, menyehatkan otak, mencegah kanker dan menyembuhkan jerawat. Karena stroberi memberikan 94 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian, maka dapat dikatakan bahwa vitamin C di stroberi lebih banyak dibanding 1 buah jeruk orange.




Pisang
Buah ini tak hanya mudah di cerna, tapi juga mengandung 9 kandungan gizi dan mengembalikan energi. Dibanding buah lain, pisang memang cenderung mudah dinikmati karena tidak perlu lagi diolah. Asal tahu saja, sebuah pisang yang matang akan mengandung 99 gram (gr) kalori, 1,2 gr protein, 0,2 gr lemak, 25,8 miligram (mg) karbohidrat, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor, 0,5 mg besi, 44 RE vitamin A, 0,08 mg vitamin B, 3 mg vitamin C dan 72 gr air. Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotin dalam otak . Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makanm dan memnuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk penyembuhan bisul.


Melon
Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. Sekitar 95% daging buah melon mengandung air, sehingga bisa memberi rasa dingin dan efek yang menyejukkan. Karena mempunyai sifat menyegarkan, buah melon dapat meredakan rasa panas dalam perut. Buah melon banyak mengandung Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan mineral pada buah melon bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh dan mempunyai sifat menyembuhkan sembelit. Keasaman tubuh perlu dihilangkan karena akan menggangu pencernaan, khususnya pada organ lambung.
Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.

Jeruk

Jeruk manis atau jeruk peras (Citrus sinensis Osbeck) adalah perdu tropis dan subtropis yang menghasilkan buah dengan nama sama. dan juga nama buahnya. Buah jeruk memiliki kulit berwarna hijau hingga jingga dan daging buahnya mengandung banyak air. Sari buah jeruk merupakan minuman hasil perasan jeruk yang populer. Kulit buah jeruk biasa dikeringkan dan diolah menjadi bahan obat dan biasanya dipakai dalam ramuan herbal atau jamu tradisional Tionghoa. Kulit jeruk dapat diolah dengan cara tertentu menjadi manisan atau selai (marmalade). Cairan buah jeruk banyak mengandung vitamin C.
Mangga


Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m. Nama buah ini berasal dari Malayalam manga. Kata ini diindonesiakan menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Berbagai sumber.



Artikel Terkait:

0 comments:

detiknews - detiknews

Voice of America

KapanLagi.com

Info Ekonomi

Template by : kendhin x-template.blogspot.com