NewsSlide

Friday, January 6, 2012

Manfaat gaya bebas dan gaya kupu-kupu pada renang.


Anda adalah orang hobi berolah raga renang ? atau anda ingin mendapatkan postur tubuh ideal dari olah raga air yang satu ini ? Lakukanlah olah raga renang menggunakan gaya bebas atau gaya kupu-kupu saat melakukan olahraga ini.


Gaya bebas atau yang dilakukan dimana posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Sedangkan gaya kupu-kupu atau Butterfly Stroke dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengansecara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulutdan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.


Ternyata selain sebagai teknik dalam renang, juga mempunyai banyak manfaat selain kesehatan juga dapat membantu membentuk postur tubuh anda. Untuk pria, melakukan gerakan teknik dengan memaksimalkan gerakan tangan pada saat renang membantu memperlebar bidang bahu dan dada anda. Selain itu pula, membantu mengecilkan atau merampingkan pinggang. manfaat lain dari kedua teknik renang ini berpotensi membantu membakar lemak ditubuh, karena pada saat melakukan teknik gerakan renang ini melibatkan hampir sebagian besar otot-oto tubuh. Melakukan renang dengan gaya ini selama 15 - 20 menit dengan jarak 500 m -1000 m dapat membakar 2000 - 3000 kalori. bandingkan saja dengan rata-rata kebutuhan kalori setiap orang dewasa yaitu 2000 -2200 kalori per hari, jika kadar kalori yang dimiliki melebihi kadar rata-rata kebutuhan kalori per harinya, hal ini akan mengakibatkan terjadinya kenaikan berat badan dan bisa berpotensi menjadi obesitas jika dibiarkan.
Untuk gaya kupu-kupu, berfungsi membentuk oto menjadi elastis terutama pada bagian otot perut, gaya ini membantu mengempiskan perut. dengan kata lain gerakan renang dengan menggunakan kedua teknik ini ikut membantu membentuk postur tubuh anda lebih sedap dipandang mata tanpa anda sadari. Anda tertarik untuk melakukannya ?



Artikel Terkait:

0 comments:

detiknews - detiknews

Voice of America

KapanLagi.com

Info Ekonomi

Template by : kendhin x-template.blogspot.com